Stadion Final Liga Champions Antara Real Madrid vs Liverpool

Real Madrid dan Liverpool akan berusaha keras untuk saling mengalahkan pada partai final Liga Champions 2018. Demi mengukuhkan diri sebagai raja Eropa. Laga itu sendiri akan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina pada hari Minggu, 27 Mei 2018 dini hari WIB mendatang.

Stadion Olimpiyskiy

Stadion Olimpiyskiy jadi venue final Liga Champions 2018

Pasukan Zinedine Zidane sukses melangkah ke partai puncak setelah berhasil mendepak raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. Pada leg pertama yang berlangsung di Allianz Stadium, mereka sukses meraih kemenangan 1-2. Sebelum di leg kedua, mereka bermain imbang 2-2. Sehingga agregat akhir menjadi 4-3 untuk keunggulan Madrid.

Sementara dari kubu tim arahan Jurgen Klopp, mereka sukses menyingkirkan tim kejutan lainnya, yakni AS Roma di babak semifinal.  Di leg pertama, Liverpool membantai De Rossi cs dengan skor telak, 5-2. Walaupun pada leg kedua, mereka kalah di kandang Roma dengan skor 4-2.

UEFA selaku Konfederasi Sepak Bola Eropa memutuskan untuk menggelar partai puncak kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa musim ini di Stadion Olimpiyskiy pada bulan September 2016 lalu. Ini menjadi yang pertama bagi Ukraina berstatus sebagai tuan rumah final UCL.

Dilansir dari situs resmi UEFA menginformasikan bahwa Stadion Olimpiyskiy ini pertama kalinya dibuka pada tanggal 12 Agustus 1923 silam. Venue ini dibangun dalam rangka menyambut pekan olahraga Ukraina yang kedua. Kemudian jelang Olimpiade 1980, stadion ini mengalami renovasi. Proses tersebut kembali terjadi di tahun 2012 ketika Piala Eropa akan dilangsungkan di Polandia dan Ukraina.

Stadion yang berlokasi Velyka Vasylkivska St, 55, Kyiv ini memiliki kapasitas yang mencapai angka 70.050 tempat duduk. Dan dijadikan sebagai markas dari Timnas Ukraina serta salah satu tim lokal, yakni Dynamo Kiev. Stadion ini juga seringkali dijadikan sebagai venue untuk melangsungkan sejumlah laga penting kompetisi domestik, diantaranya Piala Ukraina.

Apabila dilihat dari wilayah, properti ini hanya kalah besar dari Stadion Luzhniki yang berlokasi di kawasan Moskow, Rusia. Dimana Stadion yang menjadi markas dari Timnas Rusia ini memiliki kapasitas sebesar 81 ribu kursi atau lebih banyak kurang lebih 11 tempat duduk dari Stadion final Liga Champions musim 2018.

Sebelum menjadi tempat pertarungan antara Real Madrid melawan Liverpool dalam perebutan gelar juara Liga Champions akhir pekan nanti, Stadion Olimpiyskiy ini juga pernah dijadikan venue dalam beberapa laga penting. Salah satunya adalah final Piala Eropa 2012 yang mempertemukan Spanyol kontra Italia pada 1 Juli 2012 lalu.

Tidak hanya digunakan untuk beragam kegiatan olahraga, namun stadion ini juga menjadi lokasi favorit untuk konser-konser akbar para musisi ternama dunia. Band seperti Red Hot Chili Peppers, Aerosmith bahkan hingga The Rolling Stones pernah mengadakan konser mereka di sini.

STADION OLIMPIYSKIY JADI SAKSI LAGA ULANGAN REAL MADRID VS LIVERPOOL MUSIM 1981 SILAM

Tidak sedikit prediksi final Liga Champions yang mengunggulkan Real Madrid ketimbang Liverpool, mengingat tim arahan Zidane adalah juara bertahan. Hal itu tidak terlepas dari fakta bahwa dalam lima musim terakhir, Los Blancos berhasil melaju ke final sebanyak empat kali. Tiga diantaranya keluar sebagai juara, dimana dua trofi diraih dari dua musim terakhir.

Real Madrid vs Liverpool

Final Liga Champions 2018 antara Real Madrid vs Liverpool

Final UCL yang berlangsung di Stadion Olimpiyskiy ini merupakan partai final ulangan kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa pada musim 1981. Pada saat itu, Liverpool berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 0-1. Alan Kennedy menjadi pahlawan setelah mencetak satu-satunya gol pada pertandingan tersebut.

Lantas, bagaimana peluang Liverpool di partai puncak UCL akhir pekan nanti, apakah mereka mampu mengulang sejarah tersebut, sekaligus memupus harapan Madrid meraih hattrick trofi. Atau justru Madrid yang membalas dendam masa lalu itu dan m

Comments are closed.

Post Navigation